Silabus Aqidah Akhlak MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018

Posted by

Silabus Aqidah Akhlak MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018


Silabus MA/MAK Akidah Akhlak Kelas X K13 Tahun 2018


Silabus Aqidah Akhlak MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018
 akan kami bagikan dalam postingan kali ini. Silabus K-13 SMK Akidah Akhlak Revisi 2018 memiliki perbedaan dengan silabus revisi 2017, dimana silabus revisi 2018 ini lebih fokus dalam meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara Komptensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Perangkat pembelajaran ini wajib dimiliki oleh setiap guru sebagai bahan acuan untuk membuat RPP, Prota, dan Prosem/Promes, baik untuk yang mengajar di kelas X, kelas XI, maupun kelas XII MA/MAK.

Silabus berasal dari bahasa Latin “syllabus” yang berarti daftar, tulisan, ikhtisar, ringkasan, isi buku (Komaruddin, 2000). Silabus dapat didefiniskan sebagai “Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran” (Salim, 1987). Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Silabus dibuat untuk jangka waktu satu semester atau satu tahun. Dengan demikian, silabus merupakan garis besar program pembelajaran untuk satu semester/satu tahun. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu standar kompetensi maupun untuk satu kompetensi dasar.

Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran seperti pembuatan rencana pembelajaran sebab proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, sebagai pengelolaan kegiatan pembelajaran karena memberikan gambaran mengenai pokok-pokok program yang akan dicapai dalam suatu mata pelajaran misalnya pembelajaran secara klasikal, kelompok kecil atau pembelajaran individual dan pengembangan sistem penilaian yang dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar dan pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.

Dengan demikian sebagai ukuran dalam melakukan penilaian keberhasilan suatu program pembelajaran serta manfaat selanjutnya sebagai dokumentasi tertulis (written document) sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran.

Kali ini, kami akan bagikan Silabus MA/MAK PAI dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Akidah Akhlak . Berikut ini link yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh file-nya:

Download Silabus Aqidah Akhlak MA Kelas X K13 Tahun 2018



Baca Juga Artikel Lainnya!!!


Diharapkan dengan Silabus Aqidah Akhlak MA Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini bisa membantu anda dalam menemukan referensi yang tepat. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini. Dapatkan juga berbagai Administrasi Madrasah lainnya seperti Perangkat Pembelajaran, Buku Pelajaran, Kumpulan Soal, Aplikasi Madrasah, dll yang dapat anda download secara gratis.



Demo Blog NJW V2 Updated at: Juli 16, 2019

0 komentar:

Posting Komentar